Senin, November 26, 2007

Sekolah, Siswa dan Orang Tua Dituntut Bekerja Keras


Oleh : Achmad Noercholis,S,Pd

Wakasek Kesiswaan

Pemerintah sudah final menentukan penambahan mata pelajaran UNAS yang semula hanya 3 mata pelajaran sekarang menjadi 6 mata pelajaran sesuai dengan Peratuan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2007 dan sekolah-sekolah sudah melakukan persiapan untuk menghadapi kebijakan pemerintah itu. Di SMA Al-Islam Krian melakukan berbagai upaya, pelaksanaan Bimbingan Belajar (bimbel) yang tahun kemarin pelaksanaannya dilakukan pada semester II, tapi pada tahun pelajran 2007-2008 ini pelaksanaan Bimbel dilakukan pada awal bulan Nopember 2007, semua siswa pada saat bimbel diharuskan pulang pada pukul 15.30, sekolah juga meningkatkan intensitas try out yaitu dilaksanakan setiap bulan mulai bulan Desember 2007, sekolah juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan lain untuk membuat soal try out agar lebih bermutu, hal ini dilakukan agar siswa lebih siap dalam menghadapi UNAS yang dilaksanakan pada bulan April 2008 tersebut.

Disamping usaha-usaha yang bersifat meningkat kemampuan belajar dan penyelesaian saol-soal Unas, sekolah juga mengadakan kegiatan yang bersifat spritual yaitu semua siswa kelas XII dianjurkan untuk melaksanakan Istigotsah / membaca kalimat toyyibah di Masjid SMA Al-Islam Krian setiap hari Kamis sepulang sekolah sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan kegiatan ini diharapkan bisa menambah kepercayaan diri anak didik dalam menyelesaikan soal-soal Unas yang dirasa semakin berat dan diharapkan pula dengan kegiatan ini Allah SWT memberikan Hidayah-Nya sehingga tercapai kelulusan 100 %, tanpa kehendak-Nya tidak mungkin hal tersebut bisa terwujud.

Dengan penambahan jumlah Mapel Unas ini, memang dirasa berat bagi siswa, tapi bagaimana lagi ini memang kebijakan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, seperti yang disampaikan oleh Fitri Budi Artanti siswa kelas XII IPA , yang mengatakan “gimana lagi,pak wong ini sudah ketentuan pemerintah”. Begitu juga ketika saya tanyakan kepada siswa-siswa kelas XII BHS jawabanya sama. Tapi, anak-anak tidak boleh hanya pasrah saja dengan ketentuan tersebut namun harus berjuang dengan belajar lebih rajin baik di sekolah maupun pada saat di rumah.

Berkenaan dengan penambahan mapel Unas ini juga harus diketahui oleh Orang Tua / Wali Murid kelas XII maka informasi yang selengkap-lengakpnya tentang Unas tersebut Bapak Kepala SMA Al-Islam Krian akan menghadirkan Bapak/Ibu Wali Murid ke sekolah yang menurut rencana akan dilakukan pada Bulan Desember 2007, sebaiknya orang tua datang sendiri tanpa diwakilkan, ini semua demi kebaikan kita bersama


Sebagai informasi mata pelajaran yang di ujikan a.l :

NO

PROGRAM

MATA UJIAN NASIONAL

UMUM

CIRI KHUSUS PROGRAM

1

I P A

1. BAHASA INDONESIA

2. BAHASA INGGRIS

3. MATEMATIKA

4. FISIKA

5. KIMIA

6. BIOLOGI

2

I P S

1. BAHASA INDONESIA

2. BAHASA INGGRIS

3. MATEMATIKA

4. EKONOMI

5. SOSIOLOGI

6. GEOGRAFI

3

BAHASA

1. BAHASA INDONESIA

2. BAHASA INGGRIS

3. MATEMATIKA

4. BAHASA ARAB

5. SASTRA INDONESIA

6. ANTROPOLOGI / SEJARAH BUDAYA

Tidak hanya Mapel Unas yang ditambah, tapi kreteria kelulusannya oleh pemerintah juga dinaikkan dan terdapat 2 (dua) alternatif kelulusan sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Pendikan Republik Indonesia nomor 34 tahun 2007.

ALTERNATIF 1.:

RERATA NILAI UJIAN NASIONAL 5,25, NILAI MINIMAL 4,25

ALTERNATIF 2.:

BOLEH ADA NILAI 4.00 UNTUK SATU MATA PELAJARAN SEDANG MATA PELAJARAN LAINNYA 6,00

Tapi standart kelulusan ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan negara tetangga kita, untuk Malaysia Standart Nilai Kelulusan adalah 6,5 sedangkan untuk Negara Singapura lebih tinggi lagi yaitu 7.0, disamping itu peringkat Indonesia dalam bidang pendidikan berada dinomor 109 dunia, sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sidoarjo Bapak MG. HADI SUTJIPTO,SH, M.M dalam Sosialisasi Nilai-nilai Otonomi Daerah bagi Guru PKn tahun 2007 pada tanggal 19-21 Nopember 2007 di Sidoarjo.

Kenaikan standart nilai kelulusan ini tidak hanya menjadi beban siswa, tetapi pada pihak sekolah juga, semakin tinggi SKL peluang ketidaklulusan semakin besar, dampak tersebut juga menyangkut reputasi sekolah dan guru mata pelajaran yang bersangkutan.

Sekali lagi kebijakan ini janganlah dijadikan perdebatan apalagi ada sebagaian siswa ramai-ramai melakukan demontrasi untuk menyampaikan aspirasinya.

“Daripada buang-buang waktu dan energi lebih baik anak-anak mempersiapkan diri, belajar yang rajin, berdo’a meminta kepada Allh SWT untuk diberi kekuatan lahir dan batin dalam menghadapi ujian tersebut, sehingga berhasil seusai dengan yang diharapkan kita semua, Amin.

Mudah-mudahan tulisan ini sedikit membuka hati kita untuk selalu melaksanakan tugas, hak dan kewajiban dengan baik, guru melakukan tugas dengan memberikan pembelajaran yang baik, apalagi Standart Kompetensi Lulusan UNAS sudah dikeluarkan oleh pemerintah sehingga guru-guru sudah mempunyai rambu-rambu untuk menyampaikan materi yang seharusnya diberikan kepada anak-anak dalam menghadapi UNAS, untuk orang tua mengawasi anak-anaknya untuk selalu belajar apabila berada di rumah, mengawasi anak-anaknya untuk tidak terlalu banyak keluar rumah, apalagi kegiatan itu tidak ada manfaatnya, Bapak/Ibu guru dan pihak sekolah sudah berusaha semaksimal mungkin melakukan upaya-upaya agar siswa SMA Al-Islam Krian lulus semua dengan jalan mengambil kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan UNAS, baik itu tentang Bimbingan Belajar, Try Out dan lain sebagaianya, sekarang tinggal bagaimana upaya dari Bapak/Ibu guru dan sekolah ini ditindak lanjuti oleh siswa-siswa untuk terus bersemangat dalam belajar, mengikuti bimbel dengan penuh kesungguhan dan jangan lupa untuk senantiasa berdo’a kepada Allah SWT agar apa yang kita harapkan semua dapat terkabul. Amin yaa robbal ‘alamiin.

5 komentar:

doko utomo mengatakan...

Assamlkm....Bang Nur ato Pak nur kayaknya sampeyan dulu alumni YAPALIS ya...saya doko utomo alumni sma Yapalis tahun 1990, gima kabarnya???mana web SMA AL-islam bikin dong saya kangen sama temen2 dulu siapa tahu kita bisa saling interaksi...oo ya saya skrang ngajar KIMIA di SMA kesamben BLITAR.

sos3 mengatakan...

brutusssss tambah sip aeeeeeeeeee
gak dadi wakasek mane taaaa
salam sos 3 2009

dragonlord mengatakan...

pengumuma klulusan kpan? sos 12 ini...

yapalis bwat blog didominasi pak anton gelem wae..kwakwakwa

tecno mengatakan...

iya betull....dibikin donk web-nya biar para alum2 ini bisa sharing,,,memberi masukan untuk kemaslahatan umat yapalis...he.he.he.he..

Dodik_NdoNdop mengatakan...

masak si...